Tes Kepribadian Enneagram

IZOKE - Tes atau kuis ini dikenal dengan nama Enneagram, ini adalah salah satu tes kepribadian dan sangat di rekomendasikan dihampir semua belahan dunia. Enneagram berasal dari kata yunani yang berarti juga angka 9 (sembilan) 'ennea' dan sesuatu yang di gambarkan 'grammos'. Tes kepribadian ini sudah dikembangkan oleh seorang psikolog asal negara Bolivia di pertengahan tahun 1950 yang bernama Oscar Ichazo dibantu oleh seorang psikiater dari negara chili yang bernama Claudio Naranjo, poin-poin tes ini sendiri diambil dan dikembangkan dari pemahaman yang sudah di paparkan oleh G.I.Gurdjieff.
Dari sembilan jenis kepribadian yang pada nantinya akan di visualisasikan pada bentuk diagram yang pada hasilnya nanti seluruh kepribadian ini memiliki hubungan antara satu dan lainya.

Klasifikasi jenis kepribadian (sumber gambar: isigood.com)


Tes kepribadian ini memiliki fungsi bagi mengidentifikasi jenis kepribadian pada manusia yang terdiri dari 9 jenis bentuk kepribadian.

SILAHKAN COBA MELALUKAN TES KEPRIBADIAN DISINI : >> Soal Tes Kpribadian Enneagram   <<
1. Reformer / Perfeksionis
Ini adalah jenis orang yang cenderung rasional dan memiliki sifat sangat idealis. Memiliki jiwa yang kuat didalam membedakan antara sustau yang dianggapnya benar atau salah. Sifat jenis ini pada umumnya melekat pada seorang guru, atau agen perubahan (agen reformasi). Mempunyai sifat yang pada setiap kondisi maupun keadaan mau untuk memperbaiki yang salah. Namun kadang dikenal sangat bahkan cenderung kritis dan terlalu terlihat perfeksionis dalam pribadinya.

2. Giver / Helper
Ini adalah jenis orang yang mempunyai jiwa merawat atau peduli pada sesamanya. Memiliki hati yang lembut dan tulus juga berempati kepada banyak orang, siapapun itu bahkan pada musuhnya ketika sudah terlihat tidak berdaya. Rela berkorban untuk siapapun orangnya tanpa menilai terlebih dahulu. Gemar untuk membantu orang lain. Tapi kadang cenderung memiliki sifat yangt sentimentil (perasa). Kadang orang yang memiliki sifat ini ketika memiliki masalah dalam hal menyampaikan kebutuhannya sendiri kepada orang lain. Orang yang mempunyai sifat seperti ini cenderung untuk menuntut orang lain untuk mengerti setiap kebutuhannya.

3. Achiever/ Motivator/ Performer
Ini adalah sifat orang yang punya orientasi pada sebuah tujuan atau prestasi. Energik dan bersemangat, mempunyai rasa percaya diri yang besar. Memiliki ambisi untuk selalu maju. Kadang cenderung berpikiran tentang pandangan setiap orang yang memandang atau membicarakan dirinya. Dikenal sangat gila kerja dan cenderung suka bersaing untuk selalu menang dalam setiap perkara.

4. Romantic / Artist/ Individualist
Ini adalah sifat orang yang sensitif dan introspektif (suka melihat kedalam dirinya sendiri). Punya sisi kreatif, dan dapat mengekspresikan dirinya pada orang lain. Kadang dia mempunyai emosi yang berubah-ubah (moody). Dikenal menarik diri dari pergaulan umum. Cenderung kurang nyaman bertemu banyak orang di luar. Orang yang memiliki sifat seperti ini sangat dikenal suka mengasihani dirinya sendiri.

5. Observer / Thinker / Investigator
Ini adalah orang yang memiliki kelebihan pada  otak cerebral yang kuat. Memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi pada sesuatu. Selalu mencari tahu sesuatu secara kritis dan mendalam. Sanggup berkonsentrasi terhadap keahlian-keahlian yang rumit yang dikuasai oleh orang lain. Orang yang memiliki sifat ini dikenal sangat mandiri. punya sisi inovatif. Dan Memiliki kemampuan inventif (menemukan sesuatu). Kadang sangat asyik pada konsep-konsep dan gagasannya yang dia buat sendiri. Mampu melihat dunia dengan cara pandang yang berbeda dan sangat bijak. Kadang cenderung memisahkan diri dari bertemu banyak orang diluar sosialnya sendiri.

6. Loyalist / Pessimist
Ini adalah orang yang seelalu menekankan pada rasa aman bagi dirinya dan orang sekitar. Memiliki komitmen. Punya rasa bertanggungjawab yang sangat penuh, sanggup bekerja dengan keras. Kerap kali meragukan diri sendiri untuk setiap usahanya. Cenderung kuatir, minim keyakinan pada diri dan sangat kurang percaya diri. orang dengan sifat seperti ini dikenal sangat uburuk untuki bisa mengambil keputusan.

7. Generalist / Optimist / Adventure
Ini adalah orang yang sangat sibuk. Memiliki sikap yang terbuka pada orang lain, yang bahkan belum dia kenal baik. Mempunyai jiwa yang spontan. Sangat bersemangat. Sangat amat optimis dan yakin pada dirinya sendiri. Kadang dikenal kurang disiplin dalam mengerjakan sesuatu hal. Buruk dalam hal fokus terhadap sesuatu. Kerap sekali mencari pengalaman-pengalaman yang baru bagi dirinya. Sangat sulit untuk bersabar.

8. Challenger/ Leader / Boss/ Protector/ Intimidator
Ini adalah orang yang sangat dominan. Punya sifat percaya diri yang penuh. Memiliki jiwa untuk melindungi. Perkataanya langsung pada inti hal. Kadang terlalu egois dan dikenal mendominasi sesuatu. Punya keinginan untuk mengendalikan lingkungan, dan orang-orang di sekitarnya. Sangat sekali dikenal mudah untuk marah (temperamental).

9. Peacemaker / Mediator/ Accomodator
Ini adalah orang yang easygoing. Dapat mempercayai orang lain dengan mudah. Dapat mudah sekali menerima orang lain. Memiliki tingkat emosi yang stabil. Sangat kreatif dan dikenal optimis. Kadang harus mengajak orang lain untuk bepergian untuk mencari rasa aman. Orang yang memiliki sifat ini sangat menghindari konflik. Sangat benci berselisih. Tapi Kadang mempunyai sikap yang keras kepala.


Ingin mencoba mencari tahu tentang kepribadian anda ?

SILAHKAN COBA MELALUKAN TES KEPRIBADIAN DISINI : Soal Tes Kpribadian Enneagram
LihatTutupKomentar